Friday, July 25, 2008

Hangman

Game hangman yang berupa permainan tebak kata memang bagus bagi anak-anak untuk melatih kemampuan bahasa. Namun demikian, ilustrasi menggantung orang, sepertinya tidak cocok untuk mereka.

Nah, bagi siapa saja yang mencari game mendidik untuk anak-anak, bisa mengunduh game Hangman buatan Novel Games.

Hangman ini merupakan versi yang tidak menggambarkan kekerasan. Kata-kata yang dipakai pun diambil dari Dolch Words List.

Dolch Word List adalah daftar kata (bahasa Inggris) yang sering digunakan. Daftar kata ini dibuat oleh Edward William Dolch, PhD. Aslinya daftar kata ini dimuat dalam bukunya yang berjudul Problems in Reading yang diterbitkan pada tahun 1948.

Dolch menyusun daftar kata bersumber dari buku-buku anak-anak pada saat itu. Daftar kata terdiri atas 220 "service words" yang harus mudah dikenali untuk mendorong peningkatan kemampuan membaca. Kompilasi ini tidak termasuk kata benda, yang dikumpulkan dalam daftar tersendiri yang terdiri atas 95 kata.

Banyak kata-kata dalam kompilasi ini (untuk keperluan mengajar kemampuan membaca) tidak bisa diajarkan dengan menyebutkannya (can’t be “sounded out”) dan harus dipelajari dengan dilihat (dibaca); hingga kadang disebut juga sebagai “Sight Words”.

Sekarang, kalau pusing dengan penjelasan tentang Dolch Words, lebih baik coba mainkan saja sendiri game-nya!

Hangman bisa dimainkan secara online pada link berikut: Hangman.

Hangman bisa juga diunduh dari Softpedia: download Hangman.

Referensi Dolch word list bisa dibaca di Wikipedia: Dolch word list.

No comments: